Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Titik Longsor Putuskan Jalan Penghubung Mamasa-Polewali Mandar

Kompas.com - 11/10/2016, 09:32 WIB
Junaedi

Penulis

MAMASA, KOMPAS.com - Hujan lebat di wilayah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, sejak Senin kemarin menyebabkan longsor di lima sepanjang jalur penghubung Mamasa dan Polewali Mandar, Selasa (11/10/2016).

Terputusnya akses jalan menyebabkan aktivitas warga sempat lumpuh karena jalan utama penghubung dua kabupaten ini tertutup longsor setinggi lima meter lebih.

Di Kecamatan Mewassawa, Mamasa, material longsor menutup badan jalan hingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan dan pejalan kaki.

Material longsor yang menutupi badan jalan sepanjang lebih dari lima puluh meter ini berupa lumpur bercampur batu dan pepohonan yang tumbang.

Longsor itu telah mengakibatkan terputusnya arus lalu lintas selama hampir 12 jam sejak Senin kemarin.

Jalur tersebut dibuka kembali pagi ini setelah eskavator dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Barat membersihkan material longsor.

Lukas, sopir truk tangki yang terjebak semalaman di tempat tersebut, mengatakan bahwa kondisi tersebut sangat mengganggu aktivitas pengguna jalan.

"Di sepanjang jalan ini ada banyak bekas longsoran yang tidak dibersihkan petugas dan itu sangat membahayakan pengguna jalan," kata dia.

Untuk sementara, petugas pengatur lalu lintas membuka jalur tersebut dengan sistem buka tutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com