Sukhoi dan F-16 Unjuk Aksi "Dog Fight" di Depan Jokowi - Kompas.com

Sukhoi dan F-16 Unjuk Aksi "Dog Fight" di Depan Jokowi

Kompas.com - 06/10/2016, 14:48 WIB
TRIBUNNEWS / HERUDIN Pesawat tempur TNI AU bermanuver dalam upacara HUT Ke-70 TNI AU di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (9/4/2016).

NATUNA, KOMPAS.com - Belasan pesawat tempur TNI AU antara lain Sukhoi 27/30 MK dan F-16 Fighting Falcon melakukan unjuk kekuatan di depan Presiden Joko Widodo dalam Latihan Tempur Angkasa Yudha 2016 di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (6/10/2016).

Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan latihan tempur saling kejar atau dog fight oleh satu Sukhoi Su 30 dan dua F-16.

Selain itu, pesawat Hawk 100/200 dan T50i Golden Eagle serta Super Tucano juga melakukan unjuk kekuatan dengan melakukan pemboman dengan sasaran di Laut Natuna.

Setelah pemboman selesai dilakukan, Jokowi juga menyaksikan penerjunan statis dan dinamis oleh Pasukan Khas Angkatan Udara yang melakukan latihan pengamanan daerah dengan menumpang pesawat cargo yaitu dua CN-295 serta enam C-130 Hercules.

TNI AU juga melakukan penembakan kepada sisa sasaran di laut menggunakan meriam Oerlikon dan QW3.

Beberapa unit helikopter Super Puma juga melakukan latihan pengamanan evakuasi dan pertolongan kepada pilot yang disimulasikan telah eject dari pesawat tempur.

Dalam perhelatan tersebut, Presiden telah mendapatkan penganugerahan Lencana Wing Kehormatan TNI AU.

Menurut agenda, dalam kunjungannya, Presiden juga akan mengunjungi lokasi pembangunan Cold Storage atau gudang pendingin di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKT) di Selat Lampa. Selain itu, Kepala Negara juga akan meninjau Dermaga Apung serta Dermaga Beaching TNI AL.

EditorCaroline Damanik
SumberANTARA,
Komentar

Close Ads X