Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Ingin Jateng Punya Aplikasi soal Kebencanaan

Kompas.com - 06/10/2016, 09:40 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharapkan wilayahnya mempunyai aplikasi khusus kebencanaan. Aplikasi dinilai bisa membantu penyebarluasan informasi kebencanaan serta mencegah timbulnya korban jiwa.

"Saya ingin ada lomba aplikasi kebencanaan. Lomba membuat aplikasi secara cepat, dan merespons dengan tepat," kata Ganjar, Kamis (6/10/2016).

Ia mengatakan, aplikasi kebencanaan nantinya ditawarkan kepada masyarakat untuk mengkreasikan keahlian soal mitigasi bencana. Warga bisa membuat aplikasi apapun soal bencana.

Gubernur ingin ada pandangan lain dari warga, mengingat selama ini dari unsur Pemerintah yang lebih banyak berpartisipasi. "Itu nanti jadi partisipasi publik, tiap hari informasi bisa di-share," paparnya.

Ganjar juga meminta para kreator nantinya bisa menghubungkan aplikasi dengan sistem peringatan bencana, tindakan tanggap darurat bencana, maupun tindakan pasca bencana.

"Untuk buat lomba aplikasi bencana. Saya support, silakan nanti dibagi kriterianya, dibuat sayembara," tambahnya.

Sebelumnya, Ganjar meminta jajarannya untuk terus waspada menghadapi bencana di musim penghujan panjang hingga bulan Februari 2017 nanti. Ia juga penanganan bencana mengutamakan keselamatan korban.

"Jangan hanya bicara tupoksi sementara korban dibiarkan. Dalam bencana tidak ada demokrasi, rapat dulu, kelamaan," pesan pria 47 tahun ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com