Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galang Dana Ridwan Kamil untuk Bencana Jabar Capai Rp 1 Miliar

Kompas.com - 27/09/2016, 20:32 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berencana menyerahkan langsung hasil penggalangan dana bagi korban bencana di Garut dan Sumedang.

Dari hasil donasi sementara di website penggalangan dana Kitabisa.com, total dana yang telah terkumpul mencapai Rp 750 juta.

"Kita akan kirim bantuan ke sekolah-sekolah, ada 11 lokasi. Kemudian, bantuan ke titik-titik yang membutuhkan, dari data terakhir dan persiapan memetakan rekonstruksi untuk bangunan publik," kata Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (27/9/2016).

"Kalau dari netizen itu Rp 750 juta dan lain-lain total Rp 1 miliar dengan gabungan Pemkot. Nanti timnya dibagi tiga, ada yang ke Sumedang, Garut satu, Garut dua. Jadi, saya hanya simbolis," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Rencananya, uang hasil donasi para netizen itu akan diserahkan dalam bentuk berupa barang serta uang tunai dalam dua tahap.

"Ke sekolah kita beri cash, nanti akan dipakai untuk beli buku karena kami enggak tahu bukunya apa. Rencana memang dua pertiga digunakan untuk kebutuhan darurat dan sepertiga untuk rekonstruksi bangunan pada minggu berikutnya," tuturnya.

Emil pun mengapresiasi para netizen yang telah ikut berpartisipasi. Dia mengatakan, seluruh bantuan akan segera dilaporkan setransparan mungkin.

"Saya atas nama warga mengucapkan terima kasih di dunia digital serba cepat ini kemanusiaan pun bisa dilakukan cepat, transparan, dapat dibuka nilai dan pesannya apa. Kami akan laporkan dibelanjakan apa saja," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com