Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senam Islam Nusantara Sasar 9 Juta Siswa di Sekolah-sekolah NU

Kompas.com - 26/09/2016, 00:57 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

AMBARAWA, KOMPAS.com - Senam Islam Nusantara yang diluncurkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi di Lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman Ambarawa, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2016) sore, akan masuk dalam kurikulum wajib sekolah-sekolah di bawah Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama se-Indonesia.

Menurut Ketua Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Maarif HZ Arifin Junaedi, jumlah sekolah di bawah naungan LP Maarif saat ini mencapai 6.000 sekolah mulai dari tingkat TK/RA hingga beberapa perguruan tinggi milik NU.

Jumlah siswa di sekolah-sekolah tersebut saat ini mencapai sekitar 9 juta siswa.

"Hari ini di lapangan ini ada 20.000 siswa Maarif. Saya bayangkan seluruh Indonesia ada 9 juta kumpul di lapangan ini, tidak muat untuk melaksanakan SIN," kata Arifin.

Setelah senam itu diluncurkan, Arifin akan menyosialisasikannya secara bertahap kepada seluruh sekolah-sekolah LP Maarif di Indonesia.

Rencana terdekat, lanjut Arifin, pihaknya akan mengenalkan Senam Islam Nusantara (SIN) kepada siswa Maarif di Merauke bersamaan dengan Gerakan Membaca 1 Miliar Shalawat Nariyah. Gerakan ini digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Santri Nasional (HSN) kedua pada 1 Oktober 2016.

"Merauke menyanggupi satu juta shalawat nariyah oleh siswa-siswa Maarif di sana," ujarnya.

Setelah sosialisasi di Merauke, gerakan serupa akan dicanangkan di Sabang.

Sekretaris Pengurus Cabang LP Maarif Kabupaten Semarang Supriyono mengatakan, pihaknya sudah menyosialisasikan SIN ini sekolah-sekolah yang ada. Salah satunya dengan penyelenggaraan lomba SIN di tiap kecamatan di Kabupaten Semarang.

"Hampir semua siswa Maarif sudah hafal gerakan-gerakan senam SIN ini. Bahkan sudah kami lombakan," kata Supriyono.

Didukung para pengurus PWNU Jawa Tengah dan PCNU Kabupaten Semarang, SIN ini akan masuk ke dalam kurikumum sekolah-sekolah milik NU. Senam ini menjadi kegiatan wajib.

(Baca juga Senam Islam Nusantara dengan Gerakan Salat dan Wudu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com