Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Bertarung secara Jantan, Pasangan Ini Serahkan Ayam Jago ke Ketua KPUD

Kompas.com - 23/09/2016, 20:58 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Ada yang menarik dari pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Salatiga Agus Rudianto-Dance Ishak Palit ke KPU setempat pada Jumat (23/9/2016) sore.

Ketua DPC PDI-P Salatiga Teddy Sulistio seusai memberikan sambutan pendaftaran pasangan Rudi-Dance menyerahkan seekor ayam jago kepada Ketua KPU Kota Salatiga, Putnawati.

Teddy menjelaskan, ayam jago yang diberinya nama Gogor (anak macan) ini merupakan simbol kesatria dan kejantanan. Dirinya ingin mengirim pesan baik kepada KPU sebagai penyelenggara maupun pesaingnya bahwa pasangan Rudi-Dance siap bertarung secara kesatria.

"Namanya Gogor, jadi meskipun ayam, tapi nyalinya nyali macan. Ayam jago ini simbol kejantanan, kesatria, simbol keberanian. Maknanya jelas, silakan ditarungkan dengan fair," kata Teddy.

Menurut Teddy, KPU harus selalu berpegang pada aturan dan bersikap netral kepada semua pasangan calon. Ia menegaskan, untuk kelangsungan pilkada yang jujur dan adil, semua pihak wajib "mencurigai" KPU.

"Harus kita curigai, KPU juga manusia. Kita harus saling kontrol, saling mengawasi seperti panwas kan?" ujarnya.

Baca juga: Daftar ke KPU Salatiga, Pasangan Rudi-Dance Disambut Tari Badongan

Tak hanya ayam jago, pasangan Rudi-Dance ini juga mengirimkan pesan sarat makna lainnya kepada pesaingnya, yakni Yuliyanto-Nuh Haris (Yaris) yang merupakan pasangan petahana. Simbolisasi itu diwujudkan dengan aksi menyapu jalan dengan sapu lidi, yang dilakukan pasangan ini seusai dideklarasikan di Gedung Pemuda Daerah (GDP) Salatiga, beberapa jam sebelum mendaftar ke KPU.

Menurut Teddy, aksi menyapu jalan yang dilakukan dari GDP hingga pasar Salatiga ini merupakan tekad pasangan Rudi-Dance untuk membersihkan Salatiga dari praktik-praktik yang tidak benar selama pasangan petahana memimpin Salatiga.

"Lima tahun nggo jag-jagan (dibuat kotor-kotor). Pak Rudi diperintahkan rakyat untuk membersihkan kota ini supaya kota ini nyaman," tegasnya.

Soal penyerahan ayam jago ke Ketua KPU Salatiga tersebut, ternyata memang benar-benar simbolisasi. Setelah diserahkan dan difoto wartawan, ayam jago tersebut kembali diminta oleh Teddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com