Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Sempat Diguyur Hujan, HUT Kota Ambon Tetap Meriah

Kompas.com - 07/09/2016, 12:51 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-441 Kota Ambon yang dipusatkan di lapangan Merdeka berlangsung meriah, Rabu (7/9/2016).

Meski sempat diguyur hujan, namun perayaan HUT Kota Ambon kali ini tetap berlangsung aman dan lancar.

Perayaan HUT Kota Ambon dimulai dengan penggerekan pataka kota Ambon oleh pasukan penggerek pataka. Pasukan penggerek pataka ini ikut membawa sejumlah bendera merah putih. Mereka juga mengenakan baju adat dari seluruh daerah di Indonesia.

Saat berbaris menuju panggung utama perayaan HUT, mereka diiringi oleh sekelompok penari cakalele. Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah pejabat daerah, mulai dari gubernur Maluku, penjabat Wali Kota Ambon, ketua DPRD Kota Ambon hingga pejabat TNI/Polri dan sejumlah pejabat lainnya ikut hadir dalam acara tersebut.

Ribuan warga juga ikut menyaksikan jalannya upacara perayaan HUT Kota Ambon dari sekitar lapangan merdeka. Perayaan HUT Kota Ambon kali ini semakin meriah karena diisi atraksi tarian kolosal para siswa di Kota Ambon.

Ratusan para pelajar ini tampil begitu mempesona hingga membuat decak kagum para undangan dan warga yang menonton.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan HUT Kota Ambon kali ini juga tampak sarat nilai budaya karena pakaian yang digunakan mulai dari pempimpin upacara hingga para undangan umumnya adalah baju adat Ambon.

Selain itu, upacara juga dilangsungkan dalam bahasa asli Maluku. Warga dan para undangan juga ikut dihibur dengan sejumlah lagu-lagu Ambon yang dibawakan oleh sejumlah penyanyi terkenal asal kota itu.

Seusai sesi hiburan, ratusan warga dan para siswa lalu berlari ke lapangan merdeka sambil menyalakan mercon hingga membuat suasana semakin semarak.

Di akhir acara, warga kota Ambon kembali dihibur oleh atraksi terjun payung oleh 30 prajurit TNI AU. Atraksi terjun payung ini ikut diasaksikan langsung Komandan Paskas AU, Marsekal Muda Adrian Wattimena.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com