Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa 72 Ponsel, Warga China Diamankan di Bandara Sentani

Kompas.com - 25/08/2016, 08:03 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

SENTANI, KOMPAS.com - Liu Fei dan Li Dong Ping diamankan petugas keamanan di Bandara Klas I Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (24/8/2016) pada pukul 08.30 WIT. Kedua warga China itu kedapatan membawa 72 unit telepon seluler pintar di dalam tasnya.

Kapolsek Bandara Sentani Iptu Wilson Latuasan ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan dua WNA asal China.

"Diduga kedua WNA ini hendak menjual puluhan telepon seluler itu di Wamena. Karena itu, pihak Imigrasi Jayapura sedang memeriksa salah satu dari mereka untuk mengecek apakah sesuai dengan visa kunjungan ke Indonesia," kata Wilson.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Polsek Bandara Sentani, dalam pemeriksaan dengan alat X-Ray, petugas menemukan 72 unit iPhone yang diduga palsu dan delapan unit laptop.

Rencana kedua WNA asal China itu akan membawa puluhan telepon seluler dan delapan unit laptop ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dengan menggunakan pesawat Wings Air.

Petugas pun membawa kedua WNA itu ke Pos Pengamanan Bandara Sentani. Saat diperiksa, Liu Fei mengaku pihaknya hendak membawa 300 unit telepon seluler dari Jakarta ke salah satu toko yang menjual Telepon Seluler di Wamena.

Kemudian salah satu WNA yakni Liu Fei meminta untuk meninggalkan pos dengan alasan melapor ke salah satu maskapai penerbangan. Namun, Liu Fei langsung menghilang setelah meninggalkan Pos Pengamanan.

Petugas Imigrasi Jayapura tiba di Bandara Sentani pada pukul 11.40 WIT. Mereka pun membawa Li Dong Ping ke Kantor Imigrasi Jayapura untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com