Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Makassar Ungkap Rekaman CCTV Penyerangan Balai Kota oleh Polisi

Kompas.com - 19/08/2016, 09:09 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengungkapkan isi rekaman CCTV saat penyerangan anggota kepolisian ke kantor Balai Kota Makassar.

Dalam rekaman itu, kata Wali Kota, tampak sekitar 200-an anggota kepolisian menyerang kantor pemerintah.

"Ada kok semua rekamannya. Tampak jelas semua anggota kepolisian yang melakukan penyerangan. Ada sekitar 200-an anggota polisi dan Satpol PP terlihat hanya sekitar 30-an orang yang pertahankan kantor Balai Kota Makassar," kata Wali Kota Makassar yang akrab disapa Danny ini kepada Kompas.com, Jumat (19/8/2016).

Danny juga mempertanyakan soal 5 anggota kepolisian yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Sebab, menurut Danny, penetapan tersangka 5 anggota polisi tersebut tidak jelas pasal yang dilanggar.

"Kenapa hanya 5 anggota polisi yang ditetapkan sebagai tersangka, sedangkan ada 200 anggota polisi yang melakukan penyerangan dan perusakan kantor Balai Kota Makassar," tuturnya.

Saat ditanya kerugian materil akibat penyerangan balai kota, Danny menyebutkan sekitar Rp 300 juta. Itu belum termasuk kerugian non materil.

"Dalam penyerangan dan perusakan kantor itu kan hampir seratusan motor dan ada empat mobil yang dirusak. Belum lagi kaca-kaca kantor Balai Kota Makassar merupakan situs sejarah peninggalan Belanda pecah. Belum lagi arsip pemerintah, banyak yang rusak," bebernya.

Diketahui, dalam bentrokan fisik di dua lokasi di Kota Makassar, yakni di Anjungan Pantai Losari dan kantor Balai Kota Makassar, sebanyak 25 orang anggota Satpol PP ditangkap polisi.

Baca juga: Bentrok Polisi-Satpol PP, Kapolda Sulsel dan Kapolrestabes Makassar Diperiksa Mabes Polri

Bentrokan antara anggota polisi melawan anggota Satpol PP Kota Makassar menelan korban jiwa dan puluhan lainnya luka-luka. Seorang anggota Sabhara Polda Sulsel, Bripda Michael Abraham Rieuwpassa tewas dalam insiden itu.

Bripda Michael tewas saat ia dan bersama rekannya dari Sabhara Polrestabes Makassar dan Polda Sulsel menyerang Balai Kota Makassar.

Baca juga: Bripda Michael Tewas dalam Bentrok, Seorang Anggota Satpol PP Jadi Tersangka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com