Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Bolos Kerja, Kepala Dinas dan Anak Buahnya Dijemur oleh Bupati Poso

Kompas.com - 16/08/2016, 13:25 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS com - Sedikitnya 40 pegawai negeri sipil (PNS) yang ada di lingkungan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dihukum berjemur selama 20 menit di halaman kantor karena ketahuan membolos kerja dan malas apel pagi, Selasa (16/8/2016).

Hukuman jemur pada siang hari yang diterapkan oleh Bupati Poso Darmin Sigilipu merupakan bentuk sanksi serta untuk memberikan efek jera kepada seluruh PNS di Poso agar perbuatan serupa tak terulang.

Para PNS itu dijemur sekitar pukul 11.30 Wita. Sanksi itu diberikan saat Bupati menggelar inspeksi mendadak dan menemukan banyak ruangan yang kosong pada jam kerja.

Selain para staf, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Putra Botilangi juga ikut dijemur untuk ikut mempertanggungjawabkan kelalaian pegawainya yang jarang ikut apel pagi.

Darmin Sigilipu menegaskan, PNS yang sering membolos pada jam kerja tidak akan segan-segan diberi sanksi tegas hingga pemecatan.

Menurutnya, sidak yang dilakukan secara acak dan tidak terjadwal tersebut akan terus dilakukan ke seluruh kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kecamatan hingga kantor kelurahan. Hal itu sudah menjadi komitmen dan visi misi saat kampanye pemilihan Bupati Poso dulu.

"Bagaimana pelayanan masyarakat dan kinerja PNS Pemda Poso mau bagus. Apel pagi dan masuk kantor saja malas. Kalau sudah bosan menjadi PNS silakan ajukan surat pengunduran diri. Kalau terulang lagi, bukan cuma saya jemur, tapi akan saya pecat," tegas Darmin dengan nada keras.

Selain kantor Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di hari yang sama, Bupati Darmin yang hanya dikawal sejumlah ajudan juga melakukan sidak ke kantor Dinas Kesehatan yang selama ini sebagian pegawainya dikabarkan jarang ikut apel pagi.

Setibanya di kantor Dinas Kesehatan, puluhan PNS yang berada di luar ruangan saat jam kerja kalang kabut. Mereka segera memasuki ruangan masing-masing.

Di tempat tersebut, bupati mengingatkan kepada seluruh PNS untuk tetap disiplin dan bekerja sesuai jam kerja serta mengikuti peraturan yang berlaku, khususnya tentang kedisiplinan PNS.

Sebelumnya, pemberlakuan apel pagi sekaligus absen setiap hari kerja kepada seluruh PNS yang ada di lingkungan Pemda Poso sengaja diterapkan pemda sejak Januar 2016 silam untuk meningkatkan kinerja serta disiplin PNS.

"Saya hanya ingin berupaya berbuat yang terbaik untuk Kabupaten Poso. Kalau bukan sekarang kita mulai untuk tertib dan disiplin, kapan lagi? Poso harus bangkit dan jangan tertinggal dengan daerah kabupaten lain, tentunya harus kita mulai dari diri sendiri masing-masing," tandas Darmin sebelum meninggalkan lokasi untuk melanjutkan sidak ke SKPD lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com