Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shalat Id di Jayapura Berjalan Aman

Kompas.com - 06/07/2016, 07:14 WIB
Kompas TV Pemuka Agama Non Muslim Ikut Takbiran

JAYAPURA, KOMPAS.com - Shalat Idul Fitri 1437 Hijriah oleh ribuan umat Muslim Jayapura di halaman Kantor Gubernur Papua, Rabu (6/7/2016), berjalan dengan aman dan lancar.

Dari pantauan di lapangan, seperti dikutip Antara, ribuan umat ini telah memadati halaman Kantor Gubernur Papua sejak pukul 06.00 Waktu Indonesia Timur (WIT), dan mulai duduk berdasarkan posisi yang sudah ditetapkan oleh Panitia Shalat Id setempat.

Shalat Idul Fitri 1437 Hijriah di halaman Kantor Gubernur Papua dipimpin oleh Imam Ustadz Abdul Kadir dengan khatibnya Ustadz Syaiful Muhyidin yang merupakan Dosen Ilmu Al Quran dan Tafsir STAIN Al-Fatah Jayapura.

Syaiful Muhyidin dalam ceramahnya meminta umat Muslim untuk memperbaiki hubungan dengan sesama supaya mendapat rahmat.

"Allah juga meminta umatnya tidak terlalu berlebihan sehingga memperhatikan fisik dan rohani dalam menjalankan ibadahnya," katanya.

Menurut Syaiful, selama bulan Ramadhan kualitas manusia Muslim diuji untuk menjadi tolak ukur dalam menjalankan kehidupan selanjutnya.

"Apakah dalam puasa pada bulan Ramadhan umat Muslim mampu menjauhkan diri dari adu domba yang merugikan diri sendiri dan sesama," ujarnya.

Dia menuturkan, puasa merupakan sebuah perisai agar seorang umat Muslim dapat memproteksi dirinya dari berkata-kata yang tidak baik, berkelakuan buruk dan lain sebagainya.

"Untuk itu di akhir Ramadhan menjadi sebuah pintu kemenangan bagi umat Muslim yang dapat menahan godaan dan nafsunya untuk menikmati rahmat Allah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com