Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kemacetan di Semarang, Polres Demak Bentuk "Pasukan Rob"

Kompas.com - 30/06/2016, 22:35 WIB
Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - Polres Demak, Jawa Tengah, menerjunkan puluhan "pasukan rob" di sepanjang jalur Pantura Semarang - Demak yang akan dilintasi para pemudik mulai seminggu sebelum Idul Fitri hingga sepekan setelahnya.

Para polisi beratribut jas hujan dan bersepatu boot ini akan membantu menguraikan kemacetan yang terjadi akibat rob yang melanda wilayah Pantura akhir-akhir ini.

Kapolres Demak AKBP Heru Sutopo mengatakan, rob yang melanda Kota Semarang beberapa bulan terakhir ini berimbas ke Demak. Akibat rob tersebut, arus lalu lintas tersendat hingga ke Demak, terlebih musim mudik dan balik lebaran, volume kendaraan meningkat.

"Anggota siap membantu para pemudik yang terjebak rob di sepanjang Kaligawe hingga Genuk, Semarang. Polisi rob ini akan membantu menangani kemacetan akibat rob," kata Heru Sutopo seusai acara gelar pergeseran pasukan di halaman Mapolres Demak, Kamis (30/6/2016).

"Keterlibatan pasukan rob ini merupakan bagian dari Operasi Ramadhaniya yang melibatkan 199 polisi," imbuhnya.

Kasatlantas Polres Demak, AKP Yoppy Anggi Krisna, menambahkan, pasukan rob ini terdiri dari 30 personel yang dibagi dalam tiga shif.

"Masing-masing shif akan bertugas selama 8 jam. Jika terjadi rob, kita siap merapat ke Semarang," kata Yoppy.

"Kita akan arahkan para pemudik menggunakan jalur alternatif yang melintasi Onggorawe – Mranggen jika terjadi kemacetan di jalur Pantura," imbuh Yoppy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com