Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Nelayan Terbakar, Satu Orang Hilang

Kompas.com - 27/06/2016, 15:49 WIB
Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com – Sebuah kapal nelayan bernama KM INKA MINA 505  terbakar di Perairan Laut Banda, Maluku, satu orang anak buah kapal (ABK) dilaporkan hilang, enam lainnya dinyatakan selamat. Seorang ABK kapal yang masih dalam pencarian bernama Sandi (24).

Kepala kantor SAR Kendari Amiruddin mengatakan, kapal pencari ikan itu awalnya bertolak dari Taliabo, Maluku menuju Kendari. Namun di tengah laut kapal tersebut mengalami kebakaran.

"Kejadiannya tiga hari lalu, pas kapalnya terbakar, enam awak kapal melompat ke laut. Kemudian mereka kembali ke kapal tapi satu orang tidak muncul-muncul, sehingga kami melakukan pencarian di laut," kata Amiruddin di kantor SAR Kendari, Senin (27/7/2016).

Setelah mendapat laporan terkait kecelakaan kapal nelayan itu, Amiruddin mengungkapkan, telah melakukan pencarian di laut Banda dengan menerjun anggota SAR dan satu unit Rescue Boat (RB) 210.

"Sampai saat ini hasil pencarian terhadap satu awak kapal masih nihil. Ombak di laut Banda juga cukup tinggi seperti saat ini," ujarnya.

Selain itu, saat ini, lanjut Kepala SAR Kendari, pihaknya juga telah melakukan evakuasi terhadap puluhan penumpang KM Surya yang berlayar dari pulau Tomia menuju pelabuhan Wanci, Kabupaten Wakatobi.

"Kejadiannya tadi malam pukul 20.00 Wita kapalnya karam sekitar satu jam tiba di pelabuhan Wanci. Semalam petugas evakuasi 44 penumpang ke pelabuhan dan sisanya diselamatkan ditolong oleh kapal nelayan, semuanya selamat," tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com