Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Libur Lebaran, Tempat Wisata di Kabupaten Semarang Mulai Berbenah

Kompas.com - 18/06/2016, 10:29 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Pengelola sejumlah tempat wisata di Kabupaten Semarang mulai berbenah untuk menyambut wisatawan yang berlibur pada masa libur Lebaran 2016.

Kepala Disporapar Kabupaten Semarang, Partono mengatakan, persiapan yang dilakukan oleh para pengelola wisata di antaranya adalah pembenahan sarana dan prasarana maupun penambahan wahana permainan.

"Pengecatan dan pengecekan wahana permainan dilakukan. Kami menginginkan nantinya harus aman dan nyaman digunakan wisatawan," kata Partono, Sabtu (18/6/2016).

Pada masa libur Lebaran 2016 ini, kata Partono, destinasi wisata andalan yang wajib dikunjungi di Kabupaten Semarang antara lain Candi Gedongsongo, Pemandian Muncul, Museum Palagan Ambarawa, dan Bukit Cinta Banyubiru.

Selain itu destinasi yang dikelola swasta maupun instansi juga tak kalah untuk dikunjungi, seperti Museum Kereta Api Ambarawa, Cimory, Eling Bening dan yang lainnya.

"Wahana di Bukit Cinta sudah kami tambah, seperti misalnya ayunan,” ujarnya.

Masalah yang krusial yang dihadapi sejumlah tempat wisata saat libur Lebaran adalah soal parkir pengunjung. Banyak tempat wisata tak memiliki lahan parkir yang memadai hingga berujung pada kemacetan di sekitar lokasi.

Untuk mengantisipasi persoalan parkir ini, Disporapar Kabupaten Semarang akan menggelar rapat dengan Muspika, pihak desa/kelurahan, dan masyarakat sekitar lokasi wisata.

Pihaknya memperkirakan lonjakan wisatawan pada libur Lebaran 2016 ini melonjak hingga 100 persen, terutama pada H+1 Idul Fitri.

"Kami sudah menyiapkan lahan tempat parkir. Dibanding hari biasa, persentase kenaikannya cukup besar bahkan bisa lebih dari 100 persen," kata Partono.

Kompas TV Detik-Detik Wisatawan Selamat dari Banjir
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com