Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawanan Monyet Sambangi Kantor Wali Kota Mataram

Kompas.com - 16/06/2016, 20:47 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Pegawai dan Petugas Satpol PP dihebohkan dengan sekawanan monyet liar yang menyambangi Kantor Wali Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (16/6/2016).

Selain bergelantungan di pohon asam yang tumbuh di halaman, kawanan monyet tersebut juga berkeliaran di genteng Kantor Wali Kota Mataram. Jumlahnya ada sekitar tujuh ekor monyet.

"Dulu pernah datang tapi cuma satu, sudah kita usir. Selang satu minggu datang lagi lebih banyak, sekarang ada sekitar tujuh ekor," kata Lalu Herman petugas Satpol PP Kota Mataram.

Herman mengatakan, kawanan monyet ini baru muncul sejak sebelum memasuki bulan Ramadhan ini. Sebelumnya tidak pernah ada monyet berkeliaran di Kantor Wali Kota Mataram.

Dia menyebutkan, sejauh ini kawanan monyet tesebut tidak mengganggu aktivitas perkantoran. Beberapa karyawan justru menjadikannya sebagai tontonan.

Selain berkeliaran di genteng, kawanan monyet ini juga berkeliaran di sekitar pendopo wali kota serta Kantor Satpol PP yang lokasinya saling berdekatan.

"Kalau peliharaan enggak mungkin karena banyak, kemungkinan datang dari gunung sana," kata Herman.

Selain di Kantor Wali Kota Mataram, kawanan monyet juga memasuki kawasan perumahan warga.

Fathoni pemilik lesehan Sekarbela mengatakan, sekawanan monyet pernah menyambangi lesehannya.

Kejadian itu terjadi sebelum puasa Ramadhan. Awalnya, dia berpikir ada orang yang sengaja melepas monyet di lesehannya. Tetapi semakin lama, jumlahnya semakin bertambah banyak. Setiap pagi ada sekitar 10 ekor monyet.

"Kalau sepi, kadang-kadang dia turun ke berugak (gazebo) lesehan," kata Fathoni. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com