Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meraup Untung dari Kelapa Bakar di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 12/06/2016, 15:10 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Sebagian warga Desa Peunaga, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyediakan kelapa muda bakar (u teutut).

Minuman khas ini telah ada sejak dahulu, diyakini berkhasiat untuk kesehatan dan sangat tepat disajikan saat berbuka puasa.

“Kami setiap bulan puasa selalu menyediakan kelapa bakar untuk kami jual, alhamdulillah dalam satu hari minimal 50 buah kelapa bakar laku terjual” kata Arsyat (40) warga Desa Peunaga kepada Kompas.com, Sabtu (11/6/16).

Arsyat, isteri dan anaknya menyediakan kelapa muda bakar untuk dijual sebagai menu istimewa buka puasa.

Setiap pagi selepas sahur dan shalat subuh ia bersama dengan puluhan warga lainnya langsung datang ke pantai untuk menyiapkan kelapa muda bakar.

“Setelah shalat subuh sekitar Pukul 05.00 Wib, kami langsung pergi ke pinggir laut untuk menyiapkan kelapa bakar, karena prosesnya bakarnya butuh waktu lama,” ujar Arsyay.

Warga memilih pantai untuk membakar kelapa muda karena mudan mendapatkan sampah kayu bakar serta dapat langsung mengupas kelapa muda yang telah matang dibakar selama empat jam itu dengan menggunakan air laut.

“Di sini mudah kayu untuk bakar kelapa, kemudian setelah matang kami langsung dapat mengupas dalam air lair laut, sehingga warna kelapa yang siap kami jual ini sangat bersih dan menarik dipandang pembeli,” ujarnya.

Dalam satu hari masing-masing warga mengolah kelapa muda ini rata-rata sebanyak 50 hingga 80 buah setiap harinya. Modal usaha cukup terjangkau Rp 2.500 per butir kelapa, yng dijual Rp 5.000 per butirnya.

“modal kami beli Rp 2.500 satu kelapa, kemudian nanti kami jual Rp 5.000, alhamdulillah dapat untung selama bulan puasa sekitar Rp 3 juta lebih, karena kelapa bakar ini kalau bukan bulan puasa tidak ada yang beli dan sudah pernah coba,” ujarnya.

Minuman istimewa dan berkasiat untuk untuk kesahatan saat berbuka puasa hanya ada di Kecamatan Meureubo dan hanya dijual saat bulan puasa saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com