Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Kota Sukabumi Pawai Sambut Ramadhan

Kompas.com - 04/06/2016, 14:58 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS - Ribuan umat Muslim menggelar Pawai Ta'aruf dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah di pusat perkotaan Kota Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (4/6/2016).

Pawai yang digelar rutin setiap tahun dalam rangkaian Tarhib Ramadhan ini diikuti mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai pemerintahan hingga masyarakat perwakilan di tujuh kecamatan.

Para peserta pawai dari setiap perwakilan atau kelompok membawa spanduk besar yang mayoritas bertuliskan pesan-pesan moral dalam menyambut dan melaksanakan puasa pada bulan suci Ramadhan.

"Pawai tahun ini diikuti sekitar sepuluhribu warga Muslim dari perwakilan tujuh kecamatan," kata Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz kepada wartawan usai melepas Pawai Ta'aruf Ramadhan di Lapang Merdeka, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (4/6/2016).

Menurut Muraz kegiatan Tarhib Ramadhan ini merupakan salah satu cara umat Islam untuk menyiapkan hati, pikiran dan perbuatan dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang akan tiba beberapa hari ke depan.

"Momen bulan suci Ramadhan ini harus dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," ujar dia.

Rute pawai ta'aruf yang dilintasi ribuan umat Islam ini dengan start di Lapang Merdeka, lalu melintasi Jalan Perintis Kemerdekaan, Ahmad Yani, Gudang, RE Martadina, Siliwangi dan melintas Balai Kota Sukabumi di Jalan R Syamsudin dan finish.

Pawai ta'aruf ini mendapatkan pengawalan dan pengamanan petugas kepolisian dari jajaran Polsek Cikole dan Polres Sukabumi Kota.

Kompas TV Sambut Ramadhan, Warga Gelar Tradisi Kepungan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com