Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oplos Daging Sapi dengan Daging Babi, Seorang Pedagang di Surabaya Diamankan

Kompas.com - 26/05/2016, 17:23 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA,  KOMPAS.com - Pedagang daging "nakal" di pasar tradisional Surabaya dibekuk Polda Jatim jelang bulan puasa. Dia menjual daging sapi yang dioplos atau dicampur dengan daging babi.

SRY (52) diamankan saat tim Dinas Peternakan dan Polda Jatim menggelar inspeksi mendadak, Rabu (25/5/2016) di pasar tradisional LKMK Semolowaru Surabaya.

"Kemasan daging sapi yang dijual ternyata dicampur daging babi. Kita sudah cek di laboratorium," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Kamis (26/5/2016).

Pelaku, kata dia, memang menggantung daging sapi di atas tempat usahanya, namun kepada pembeli, kemasan yang diberikan dicampur dengan daging babi.

"Motifnya, agar mendapat keuntungan lebih banyak, karena permintaan daging naik menjelang bulan puasa," tambahnya.

Daging babi dipilih karena harga kulakannya lebih murah dari daging sapi. "Kita juga imbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati membeli daging, karena diduga motif seperti ini akan banyak ditemukan di pasar tradisional lainnya," tambah Argo.

Pelaku kini diamankan di Mapolda Jatim untuk diperiksa. Dia dijerat Pasal 140 Jo Pasal 86 ayat (2) Jo Pasal 1 UU Pangan dan Pasal 62 ayat (1) atau ayat (2) Jo Pasal 8 ayat (1) UU Perlindungan Konsumen. Ancaman pidana kurungan maksimal lima tahun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com