Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Petugas Damkar Pingsan saat Menangani Kebakaran di Pasar Wajo

Kompas.com - 16/04/2016, 07:48 WIB
Abdul Haq

Penulis

WAJO, KOMPAS.com - Kebakaran melanda sebuah pasar di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, yang meludeskan puluhan lapak. Kerugian meteril mencapai ratusan juta rupiah dan dua petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) pingsan saat berusaha memadamkan api.

Peristiwa kebakaran yang terjadi pada Jumat (15/4/2016) sekitar pukul 20.15 wita itu melanda Pasar Tokampu II, Kelurahan Sengkang, Kecamatan Tempe saat para pedagang sudah menutup seluruh lapaknya.

Api tiba-tiba membumbung tinggi dari tengah pasar. Ratusan warga panik dan berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Tidak tahu apa penyebabnya, yang jelas langsung saja membesar apinya dari dalam pasar," kata Anto, salah seorang warga sekitar pasar.

Tiga unit mobil Damkar dibantu satu unit mobil tangki milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat turun memadamkan api.

Api baru dapat dikuasai pada pukul 21.00 Wita ketika seluruh lapak pedagang yang berada di pemukiman padat penduduk itu ludes.

Saat proses pemadaman berlangsung, dua petugas Damkar masing-masing bernama Rudi dan Ahmad terpaksa dilarikan ke rumah sakit lantaran pingsan mengalami sesak nafas.

"Iya, memang ada dua petugas yang dilarikan ke rumah sakit dan sudah membaik. Sebelumnya pingsan di lokasi karena sesak nafas," jelas Alamsyah, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo.

Sementara itu, aparat kepolisian yang dikonfirmasi terkait kebakaran ini mengaku masih melakukan penyelidikan.

"Penyebab kebakarannya masih dalam lidik dan kerugian materil mencapai ratusan juta rupiah," kata AKPB Guntur, kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Wajo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com