Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Saya Wali Kotanya Orang Gila

Kompas.com - 15/04/2016, 21:02 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, pihaknya rajin melakukan razia gelandangan dan orang gila di titik keramaian, seperti pasar, terminal dan perempatan jalan. Sehingga hingga kini  1.500 orang gila ada di Lingkungan Pondok Sosial (Lipinsos) Keputih.

Mereka, kata Risma, diberi makan setiap hari dan dipenuhi kebutuhan sosialnya agar tetap merasa hidup sebagai manusia biasa.

"Saya wali kotanya orang gila, karena saya pelihara banyak orang gila. Ada 1.500 di Liponsos," katanya, saat menjadi narasumber "Kampus Kompas TV" di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jumat (15/4/2016).

Namun, sebut dia, mayoritas atau 95 persen warga Liponsos bukan warga Surabaya. "Mereka berasal daerah di sekitar Surabaya, bahkan ada yang dari luar Jatim," jelasnya.

Sepanjang Januari-Februari 2016, sudah 410 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang terjaring razia. Jumlah tersebut didominasi oleh orang gila atau gelandangan psikotik sebanyak 171 orang, anak jalanan 63 anak, gelandangan 63 orang, dan pengemis 30 orang.  

Sebagian besar dari mereka terjaring di sekitar persimpangan lalu lintas dan sedang mengamen atau membersihkan kaca mobil. Ada kecenderungan, di tempat itu bila jalannya sepi, mereka menggedor kaca mobil dan melakukan tindak kriminal. 

PMKS yang terjaring razia, tidak hanya akan dibawa ke pondok sosial untuk ditampung tetapi juga dibawa ke pengadilan untuk menjalani sidang tuntutan tindak pidana ringan (Tipiring).

Sanksinya berupa sanksi administratif minimal Rp 50.000, atau kurungan selama tiga bulan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com