Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Marah dan Tinggalkan Ruangan Ujian, Peserta UN Ini Diperlakukan Istimewa

Kompas.com - 06/04/2016, 11:07 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Lantaran kerap marah-marah dan meninggalkan ruangan ujian, tiga peserta Ujian Nasional kategori tuna grahita, tunawicara dan tunadaksa di sekolah SLB Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mendapat perlakuan istimewa dari pengawas, aparat keamanan hingga panitia pelaksana ujian.

Panitia dan pengawas ujian tak hanya melayani pertanyaan terkait teknis pelaksanaan ujian, tetapi juga harus mengurus sejumlah keperluan peserta ujian seperti minum hingga tisu untuk sekadar mengusap keringat karena kepanasan.

Petugas bahkan kerap harus berupaya membujuk peserta yang ngambek dan keluar ruangan agar kembali menyelesaikan soal ujiannnya hingga selesai.

"Siswa di sini cuma tiga orang. Meski jumlahnya hanya bertiga, namun kita tetap melakukan persiapan seperti sekolah menengah pada umumnya. Jadi kita juga harus pandai membujuk mereka agar mereka betah dan bisa mengerjakan soal ujiannya sampai selesai," ujar Rusli, salah seorang panitia UN, Rabu (6/4/2016).

Jumlah peserta Ujian Nasional untuk siswa yang mengalami keterbelakangan mental tahun ini jumlahnya meningkat dari satu menjadi tiga peserta.

Soal ujian yang diberikan kepada mereka berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi mental siswa.

Pelaksanaan Ujian Nasional di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Polewali ini juga mendapat pengawalan ketat dari kepolisian dan Dinas Pendidikan.

Kompas TV 3 Siswa Ikut UN di Rumah Sakit
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com