Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Dianugerahi Penghargaan Bidang Lingkungan dari Unnes

Kompas.com - 30/03/2016, 11:58 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jawa Tengah, memberikan lima penghargaan terhadap tokoh-tokoh yang peduli pada pendidikan dan konservasi lingkungan.

Rektor Unnes Semarang Faturrahman memberikan secara langsung anugerah konservasi lingkungan tahun 2016 tersebut. Rinciannya, satu penghargaan utama dan empat penghargaan.

Anugerah diserahkan dalam upacara peringatan Dies Natalis ke-51, di kampus Sekaran Semarang. Penghargaan itu sekaligus menegaskan Unnes sebagai kampus konservasi.

Penghargaan utama diberikan kepada Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono yang menerima anugerah Upakaratama Reh Adiwangsa.

Sementara itu, tokoh lain yang juga mendapatkan penghargaan itu adalah Mantan Menteri Pendidikan Muhammad Nuh, mantan ketua KONI Rita Subowo, guru besar UI Riri Fitria Sari dan Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi M Nasir.

Menurut Faturrahman, para tokoh diberikan penghargaan karena terbukti memberikan dedikasi tinggi pada dunia pendidikan.

Menurut dia, M Nuh, misalnya, membantu kaum papa, memberikan fasilitas dan mimpi pada ratusan ribu rakyat miskin, serta pendidikan dengan program terluar dan terdepan.

"Kami berikan anugerah Upakara Bagyaning Sasana," kata dia.

Rita Subowo diberi penghargaan Upakara Bhirawa Santosa karena berhasil mengembangkan dunia olahraga. Dia juga disebut mengembangkan olahraga dengan cinta.

Sementara itu, Riri Fitria diberi Upakara Dayaning Bawana karena berkontribusi penting dalam penelitian-penelitian berbasis lingkungan. M Nasir mendapat anugerah Upakarti Udyakarya Guna yang dinilai berhasil mensinergikan penelitian dan bisnis, serta pengembangan riset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com