Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

45 Kambing di Gunungkidul Ditemukan Mati Kehabisan Darah

Kompas.com - 28/03/2016, 16:32 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Dalam tiga bulan terakhir sejak Januari 2016, sebanyak 45 ekor kambing milik warga di Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul, mati kehabisan darah.

"Sudah tiga bulan ini sejak Januari kejadian kambing milik warga mati. Kejadianya itu sekitar menjelang dinihari," ujar Kepala desa Giripurwo Supriyadi saat dihubungi, Senin (28/3/2016).

Supriyadi menuturkan, kambing-kambing milik warga ditemukan dalam kondisi kehabisan darah.

"Ada bekas gigitan, lalu dagingnya sebagian juga dimakan. Darahnya kering mungkin juga di minum, kalau total didata ada 45 ekor yang mati," tegasnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali, lanjutnya warga melakukan ronda setiap malam. Ronda difokuskan di setiap area kandang ternak warga.

"Kita antisipasi dengan melakukan ronda di wilayah tempat kandang ternak warga. Lokasi kandang memang jauh dari pemukiman," tegasnya.

Menurut dia, setelah dilakukan ronda malam, sejak dua minggu terakhir sudah tidak ada lagi ternak warga yang ditemukan mati.

"Dua minggu ini sudah aman, tidak ada yang mati," ucapnya.

Sementara itu, Kapolsek Purwosari AKP Mursidiyanto mengatakan, melihat bekas gigitan dan adanya daging yang dimakan, diduga kematian kambing warga karena serangan anjing liar yang selama ini hidup di perbukitan.

"Kalau dilihat dari lukanya, dugaan kita itu akibat serangan anjing liar," tandasnya.

Dia mengimbau agar warga mengintensifkan ronda dan memperkuat kandang ternak mereka sehingga kawanan anjing liar tidak bisa masuk ke dalam kandang dan menyerang ternak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com