Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Bandung "Smart Card" Jangan Hanya Jadi Seremoni

Kompas.com - 11/03/2016, 17:48 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah sekian lama mangkrak, Pemerintah Kota Bandung akhirnya mengoperasikan Bandung Smart Card. Namun, kartu tersebut baru bisa dipakai untuk pembayaran transportasi bus Trans Metro Bandung (TMB) koridor II jurusan Cicaheum - Cibereum.

"Saya bosan kalau sifatnya cuma seremoni tapi tidak berkelanjutan. Percobaan satu bulan, setelah itu dievaluasi," kata Ridwan dalam acara peluncuran Bandung Smart Card, di Jalan Ahmad Yani, Jumat (11/3/2016).

Bandung Smart Card sebetulnya sudah sudah digagas sejak tahun lalu. Namun lantaran ada masalah diinternal Dinas Perhubungan Kota Bandung, program itu baru dapat direalisasikan sekarang.

"Ini sejarah baru bahwa di Bandung masyarakatnya pelan-pelan jadi masyarakat cerdas dan efisien. Negeri lain sudah, kita memulai penggunaan smart card di tes di transportasi," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, kartu itu bisa dibeli di halte TMB di Jalan Ahmad Yani dengan harga Rp. 10.000.

"Pembayaran e-ticketing bus TMB masih dalam masa ujicoba pada 10 bus di koridor 2. Selama 11 hari ke depan akan dilakukan sosialisi," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com