Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Smart Card Bisa Dipakai untuk Belanja dan Bayar Parkir

Kompas.com - 14/12/2015, 15:13 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Bandung bersama Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat dan sejumlah bank berkolaborasi dalam peluncuran kartu pintar, Bandung Smart Card.

Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Rosmaya mengatakan, warga Bandung bisa mendapatkan kartu tersebut dengan membelinya di gerai-gerai perbankan yang melakukan kerja sama dan PT Telekomunikasi Indonesia sebagai penerbit dengan harga Rp 20.000, belum termasuk saldo.

"Bandung Smart Card merupakan salah satu dukungan kepada Kota Bandung untuk bisa menjadi kota pintar (smart city). Ke depan, direncanakan pengembangan Bandung Smart Card pada tahun 2016 akan diinjeksikan data mengenai identitas," kata Rosmaya, Senin (14/12/2015).

Kartu pintar itu didukung oleh lima bank lainnya, yakni Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Mega, Bank BCA, dan Bank BRI. Tahap awal peluncuran Bandung Smart Card ini adalah pengganti alat beberapa jenis pembayaran.

"Bandung Smart Card ini hanya untuk pembayaran dulu. Kalau data pribadi dan lain-lain nanti disempurnakan pada 2016," ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, Bandung Smart Card baru bisa melayani pembayaran pada electronic gate Trans Metro Bandung, mesin parkir elektronik, vending machine, dan pembayaran di Alfamart.

"Enam ciri-ciri kota pintar telah dimiliki Kota Bandung, salah satunya adalah sistem pembayaran dengan kartu. Ini merupakan perwujudan kota pintar, mengelola kota dengan lebih efisien," ungkapnya (Baca juga: Luncurkan Bandung Smart Card, Ridwan Kamil Minta Transaksi Tunai Dikurangi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com