Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa, Pedagang Pasar Lau Cih Blokade Jalan dan Lempari Polisi

Kompas.com - 10/03/2016, 12:39 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Ratusan pedagang Pasar Induk Lau Cih berunjuk rasa di depan kantor Wali Kota Medan, Kamis (10/3/2016).

Mereka memblokade Jalan Kapten Maulana Lubis dan menabrakkan kendaraan ke gerbang depan kantor hingga bergeser ke belakang.

Setelah terbuka, mereka masuk ke halaman lalu berorasi, menyanyi dan menari.

Para pedagang sempat terlibat aksi dorong dengan polisi yang malakukan pengamanan. Pendemo melempari petugas dengan air mineral.

Aksi ini menuntut pemerintah agar tegas menertibkan sisa pedagang Pasar Sutomo yang menolak pindah ke Pasar Induk Lau Cih.

Keberadaan para pedagang sisa yang dianggap pedagang liar itu membuat pembeli tidak mau datang ke Pasar Induk Lauchi yang dinilai jauh di pinggir Kota Medan.

"Kami mau Pemkot Medan menertibkan pedagang yang masih berjualan di sekitar Jalan Sutomo. Kami protes karena dagangan kami tidak laku kalau mereka masih jualan di sana. Kami sudah keluar uang Rp 40 juta untuk mendapatkan kios di Lau Cih," teriak Mak Upit.

Aksi unjuk rasa pedagang diterima Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution. Dia berjanji akan menuntaskan penertiban pasar liar di sekitar Jalan Sutomo paling lama sampai 16 Maret 2016.

Setelah mendengar janji Akhyar, massa membubarkan diri. Demo pedagang Pasar Lau Cih ini merupakan yang kesekian kalinya. Bukan hanya setelah dipindahkan, sebelumnya unjuk rasa juga kerap mereka lakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com