Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo "Selfie" Tunjuk Gerhana Matahari!

Kompas.com - 08/03/2016, 12:27 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Saat gerhana matahari total, 9 Maret mendatang, Pemerintah Kota Makassar menggelar beberapa kegiatan di Anjungan Pantai Losari, Rabu (9/3/2015).

Tak hanya mengajak warga Kota Makassar nonton bareng momen bersejarah itu, Pemkot Makassar juga menggelar foto bersama atau "selfie" menunjuk gerhana matahari total. Nantinya, foto-foto "selfie" itu akan diabadikan dalam bentuk kolase foto oleh fotografer handal di Kota Makassar.

"Jadi kita sudah siapkan segalanya termasuk ada 50 ribu orang akan menunjuk gerhana matahari. Bentuknya foto bareng yang sekaligus dirangkaikan dengan lomba foto," kata Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, kepada Kompas.com, Selasa (8/3/2016).

Selain kegiatan foto bareng, lanjut pria yang kerap disapa Danny itu, pemkot juga menggelar shalat berjamaah, khotbah, zikir, penayangan film dokumenter tentang gerhana matahari, penjelasan ahli astronomi, serta aktraksi budaya pemukulan gendang dengan iringan lagu daerah "Battu Rattemi Ri Bulang".

Untuk Kota Makassar, proses gerhana matahari akan berlangsung selama 2 jam 29 menit. Fase pertama diawali saat bulan perlahan mulai menyentuh piringan matahari akan terjadi pada pukul 07.26.30 Wita.

Proses ini akan terus berlangsung hingga mencapai puncak gerhana matahari yang akan terjadi pada pukul 8.35.55 Wita. Selanjutnya, fase terakhir saat matahari kembali bersih diprediksi terjadi pada pukul 9.55.40 Wita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com