Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 7,8 SR, Ribuan Warga Padang Mengungsi ke Lokasi Lebih Tinggi

Kompas.com - 02/03/2016, 21:40 WIB
PADANG, KOMPAS.com — Ribuan warga Kota Padang, Sumatera Barat, mulai menuju ke lokasi yang lebih tinggi untuk mengantisipasi terjadinya tsunami pasca-gempa yang mengguncang Padang dan sekitarnya pada pukul 19.49 WIB, Rabu (2/3/2016) malam.

Seorang warga Padang, Fathul Abdi, di Padang, Rabu, mengatakan, jalan di daerah Sawahan menuju jalan bypass telah dipadati warga yang berjalan ke arah bypass di daerah Ketaping pasca-gempa yang berpusat di 5,16 lintang selatan 94,05 bujur timur atau pada 682 kilometer barat daya Kepulauan Mentawai itu.

"Bukan hanya dengan sepeda motor, mobil, warga juga terlihat ada yang berjalan kaki. Dari Sawahan menuju bypass sudah padat," ujarnya.

Bahkan, sebutnya, juga terlihat sejumlah warga yang membawa tas yang berisi pakaian.

Selain di daerah Sawahan, kata dia, kepadatan juga terlihat di daerah Pasar Alai menuju Simpang Durian Taruang. Jalan tersebut merupakan jalur evakuasi tsunami.

"Sejumlah mahasiswa, yang juga teman-teman saya, ada yang mengungsi di kampus Unand daerah Limau Manis," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk daerah Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Bengkulu, dan Lampung setelah gempa yang menguncang Padang dengan kekuatan 7,8 skala Richter (SR) pada pukul 19.49 WIB itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com