Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak Disulap Menjadi Lokasi Wisata

Kompas.com - 29/02/2016, 19:54 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Gedung Terminal Penumpang Gapura Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak disulap menjadi destinasi wisata baru Kota Surabaya.

Selain menyajikan pemandangan kolam pelabuhan, Surabaya North Quay ini juga menyajikan wisata belanja produk industri kreatif dan kuliner khas Surabaya.

Saat malam hari, pemandangan akan terlihat lebih indah dengan banyaknya lampu kapal dan jembatan Tol Suramadu.

Di lantai tiga dan dua gedung terminal, warga bisa menikmati kuliner khas Surabaya seperti Lontong Balap, Rujak Cingur dan sejenisnya, serta beragam produk industri UKM Surabaya.

Tidak ketinggalan, pertunjukan live music juga turut meramaikan suasana gedung terminal yang baru diresmikan akhir 2014 lalu itu. 

Pada Senin (29/2/2016), lokasi Surabaya North Quay menjadi semakin hidup dengan kedatangan kapal pesiar MS Rotterdam dari Belanda. Sekitar 200 wisatawan mancanegara tampak berbaur dengan warga Surabaya yang penasaran dengan Surabaya North Quay.

Sejumlah warga tampak juga "berselfie" di depan kapal Rotterdam yang sedang bersandar. 

"Saya hanya penasaran, katanya ada lokasi wisata baru di pelabuhan, jadi saya mampir, ternyata lumayan bagus," kata Sudirman, warga Kalikepiting, Surabaya yang bekerja di perusahaan ekspedisi Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Sore itu dia mampir ke Surabaya North Quay setelah pulang kerja. Selain mengajak para wisatawan mancanegara menghabiskan waktu di Surabaya North Quail, Pemkot Surabaya juga membawa mereka berkeliling ke sejumlah destinasi wisata kota Surabaya lainnya seperti di wisata Kampung Lawas Maspati, Balai Kota Surabaya, patung Jokodolog, pasar bunga Kayoon dan Museum Tunjungan.

Direktur Utama Pelindo III Jarwo Suryanto mengatakan, sejak Sabtu hingga hari terakhir Senin (29/2/2016), memang digelar pre-launching Surabaya North Quail, untuk melihat respons masyarakat.

"Ternyata respons masyarakat bagus. Jika sambutan masyarakat terus seperti ini, bisa dijadwalkan rutin setiap ada kapal pesiar datang. Sayangnya, jadwal kapal pesiar juga tidak pasti," ujarnya.

Selain sebagai upaya memperkenalkan aset pelabuhan kepada masyarakat luas, Surabaya North Quail juga untuk memperkenalkan Surabaya dan wisatanya kepada masyarakat internasional.

"Kita juga bantu Bu Risma untuk promosi Surabaya," terang Jarwo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com