Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah Terbakar di Kutai Kartanegara

Kompas.com - 19/02/2016, 23:18 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

KUTAI KARTANEGARA, KOMPAS.com - Lebih dari seratus rumah di Desa Loa Janan Ilir, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, ludes terbakar pada Jumat (19/2/2016) dinihari. Api cepat membesar sebab mayoritas rumah terbuat dari kayu.

Api diduga muncul dari rumah seorang warga di tengah pemukiman. Dalam waktu singkat, api merembet ke bangunan lain.

Akibat kejadian itu, 153 kepala keluarga yang terdiri dari 512 jiwa kehilangan tempat tinggal. Jumlah ini bisa bertambah karena pendataan masih terus dilakukan.

Hingga sore tadi, Camat Loa Janan Ilir Mastukah masih mendata nama korban dan jumlah kerugian yang diderita.

"Pendataan sedang dilakukan mulai dari RT sampai kepala dusun. Tapi memang teman-teman kami, masyarakat kami sedang sibuk untuk menenangkan diri, pertama untuk mencari harta yang masih bisa dikais," ujarnya.

Korban kebakaran kini ditampung di berbagai tempat. Sebagian besar berada di posko penampungan yang disediakan pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Di posko itu, tim tanggap bencana menyediakan tenda dan dapur umum. Sebagian besar korban kebakaran tak sempat menyelamatkan barang berharga karena kebakaran cepat meluas.

"Pakaian di badan saja yang sempat dikeluarkan. Enggak bisa apa-apa lagi, apinya sudah dekat kita bangun itu. Untuk sementara ini tinggal di posko penampungan," kata Nurdin, salah satu korban.

Bantuan untuk korban kebakaran terus mengalir dari berbagai pihak. Warga sekitar lokasi kebakaran juga secara swadaya meminta bantuan ke pengguna jalan. Bantuan baju di posko pengungsian pun langsung diserbu oleh korban kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com