Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Bupati di Gorontalo Dilantik di Gedung Tua

Kompas.com - 17/02/2016, 15:47 WIB
Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com– Pelantikan tiga pasangan bupati dan wakil bupati terpilih di Gorontalo pada Rabu (17/2/2016) dilaksanakan di bekas rumah asisten residen Gorontalo yang sejak tahun 2000 hingga sekarang digunakan sebagai rumah jabatan Gubernur.

Rumah ini merupakan gedung tua yang dibangun pemerintah kolonial Belanda. Dulunya bangunan itu adalah rumah sekaligus kantor asisten residen.

Bangunan ini memiliki luas 467,73 meter persegi, dibuat dari bahan beton yang sangat kokoh, dan menggunakan arsitektur kolonial.

Di Bagian depan terdapat teras yang ditopang 4 buah tiang besar, atap limas  dari bahan genteng, jendela dan pintu awalnya jelusi tetapi sekarang sudah diganti dengan kaca.

Secara keseluruhan, bagian luar bangunan sudah mengalami perubahan. Bangunan ini telah direnovasi pada tahun 2007

Di depannya terdapat lapangan luas, yang hingga kini masih dipertahankan. Di bagian timur lapangan dulunya terdapat societeit Wilhelmina, gedung pertemuan yang digunakan untuk menerima tamu dan menyelenggarakan pesta dansa pejabat tinggi.

Di bagian barat lapangan ada hotel Velberg yang dibangun tahun 1900 dan masih ada hingga kini. Di samping bangunan itu terdapat penjara kolonial yang sekarang menyisakan pondasi bagian depan dan dinding tua kokoh berdiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com