Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Komplikasi, Dede "Manusia Akar" Meninggal

Kompas.com - 30/01/2016, 15:05 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Dede (45) atau yang dikenal masyarakat dengan "manusia akar" meninggal pada Sabtu (30/1/2016) pukul 03.30 WIB di RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Keluarga besar RSUP dr. Hasan Sadikin turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya," ujar Nina Susana Dewi, perwakilan manajemen RSHS dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (30/1/2016).

Dede, sambung Nina, datang ke IGD RSHS tanggal 28 Januari 2016 dalam kondisi yang sudah buruk dengan penurunan kesadaran. Untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif, tim medis merawat Dede ke ruang Flamboyan, ruang perawatan khusus bagi penderita penyakit infeksi.

Selain penyakit kulit yang langka ini, Dede memiliki riwayat penyakit hati yang sudah komplikasi ke ginjal dan paru. Kondisi organ vital, yaitu hati, ginjal, paru-paru dan otak dede mengalami perburukan pada tanggal 29 Januari pukul 23.00 WIB.

"Mendapati ini tim medis langsung memberikan perawatan sesuai dengan yang pasien butuhkan. Namun, di tengah perawatan intensif, Dede menghembuskan nafas terakhirnya," imbuhnya.

Sang pasien,sambung Nina, dibawa ke rumah duka tadi pagi pukul 07.00 WIB di Kecamatan. Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Dede merupakan pasien RSHS yang memiliki penyakit kelainan kulit yang langka atau disebut dengan istilah giant cutaneous horn. Sejak 2007, pasien telah menjalani operasi sekitar 14 kali.

Operasi pengambilan jaringan kulit terakhir tanggal 16 Desember 2014 dan pulang tanggal 22 Desember 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com