Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Sekolah Rusak Akibat Gempa, Ratusan Siswa Diliburkan

Kompas.com - 21/01/2016, 02:24 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ratusan siswa dua sekolah di Desa Masawoy, Pulau Ambalau, Kabupaten Buru Selatan, Maluku terpaksa diliburkan setelah gedung sekolah mereka rusak berat akibat gempa yang menguncang wilayah tersebut empat hari lalu.

Dua sekolah yang rusak berat dan nyaris ambruk itu yakni SD Alhilal dan sebuah sekolah Taman Kanak-Kanak (TK).

“Ratusan murid di dua sekolah itu sejak gempa sampai saat ini langsung diliburkan karena memang kondisi bangunan sekolah tidak bisa digunakan lagi untuk belajar,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buru Selatan Awat Mahulauw kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2016).

Selain karena sekolah mereka mengalami kerusakan parah, banyak dari para siswa yang juga menjadi korban gempa karena rumah-rumah mereka ikut rusak.

Awat belum mengetahui kapan para warga dan juga murid bisa beraktivitas normal.

“Kalau soal itu saya tidak tahu, nanti ditanyakan saja ke Dinas terkait, yang pasti saat ini ratusan siswa ini masih diliburkan,” katanya.

Gempa berkekuatan 5,4 skala richter mengguncang Pulau Ambalau, MInggu (17/1/2016) lalu. Gempa menyebabkan ratusan warga kehilangan tempat tinggal mereka.

Gempa juga merusak sebuah masjid, dermaga dan memaksa ratusan warga mengungsi. Akibat gempa itu juga, seorang bayi yang baru berusia 3 minggu meninggal dunia, dan 11 warga lainnya mengalami luka-luka. Tiga warga bahkan terluka parah akibat gempa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com