Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

27 Desa di Kendal Bakal Terkena Proyek Tol Semarang-Batang

Kompas.com - 19/01/2016, 22:28 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Tanah milik warga di 27 desa yang tersebar di tujuh kecamatan di  Kabupaten Kendal, akan terkena proyek pembangunan jalan tol Semarang–Batang.

Pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan jalan tol ditargetkan selesai tahun ini.

Ketua Tim Pelaksana Pembebasan Tanah Jalan Tol Semarang-Batang, Ir. Usman mengatakan, ke-27 desa itu berada di Kecamatan Weleri, Ringinarum, Gemuh, Pegandon, Ngampel, Brangsong, dan Kaliwungu Selatan.

Usman yang juga kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kendal, menambahkan jalan tol yang melewati Kabupaten Kendal diperkirakan sepanjang 37 kilometer.

“Saat ini, kendala yang dihadapi adalah harga tanah. Hanya saja, penentuan harga tanah bukanlah wewenang dari tim pelaksana pembebasan tanah, melainkan tugas dari tim appraisal atau penaksir harga dari satuan kerja independen,” kata Usman, Selasa (19/1/2016).

Usman mengaku, dari 27 desa yang tanahnya akan digunakan pembangunan jalan tol, baru dua desa yang penaksiran harganya sudah selesai. Kedua desa itu adalah Desa Tejorejo dan Wungurejo, Kecamatan Ringinarum.

"Penaksiran harga di dua desa tersebut telah dilaksanakan tim appraisal pada 18 Januari lalu. Namun sepertinya belum ditemui kesepakatan harga,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com