Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Unair Dibobol Maling, Laptop Berisi Hasil Riset Profesor Raib

Kompas.com - 08/01/2016, 14:18 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Gedung Intitute of Tropical Disease (Lembaga Penyakit Tropis) Kampus C Universitas Airlangga Surabaya (Unair) dibobol pencuri, Kamis (7/1/2016) dini hari.

Laptop milik profesor peneliti asal Jepang ikut raib digondol pencuri. Laptop tersebut kata Rektor Unair Surabaya, Muhammad Nasih berisi data penting berisi hasil pengembangan riset Influenza.

"Sebenarnya ada tiga laptop yang dicuri, semuanya milik profesor peneliti, salah satunya milik Prof Shimidzu asal Jepang," kata Nasih, Jumat (8/1/2015).

Dia mengaku heran atas aksi tersebut karena yang dicuri hanya laptop milik peneliti. Mengapa pencuri tidak memilih barang-barang laboratorium, seperti mikroskop dan lainnya yang harganya ratusan juta.

"Mengapa hanya tiga laptop milik peneliti itu yang dicuri, sekarang masih didalami polisi," ujarnya.

Aksi pencurian itu terjadi di ruang laboratorium influenza di gedung tersebut. Kamera CCTV yang dipasang di sejumlah titik tidak berhasil merekam aksi pencurian itu. 

Prof Shimidzu, kata Nasih, sudah empat tahun bekerjasama dengan Unair dalam pengembangan riset virus influenza. Salah satu temuannya adalah virus Avian Influenza pada unggas dan Influenza pada manusia. 

"Yang pasti, harga hasil riset yang dilakukan beberapa itu jauh lebih mahal dari harga laptop merk Apple yang dicuri," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com