Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Gandeng "Provider" Telepon Seluler, Pemilih di OI Ditargetkan Naik 5 Persen

Kompas.com - 18/11/2015, 09:56 WIB
Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com — Guna meningkatkan jumlah pemilih dalam Pilkada Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan, 9 Desember mendatang, KPU setempat menggandeng provider telepon seluler.

Provider telepon seluler (ponsel) akan mengirim pesan singkat (SMS) kepada pemilik ponsel. Isi pesan itu adalah ajakan untuk datang ke tempat pemungutan suara dan menggunakan hak pilihnya.

"Kami menargetkan pengiriman ke 50.000 pemilik nomor sesuai dengan provider tersebut dengan usia minimal 17 tahun," ungkap Amrah Muslimin, Komisoner KPU Ogan Ilir dari Divisi Sosialisasi.

Amarah Muslimin menjelaskan, ide ini merupakan hasil dari studi banding di KPU Yogyakarta. Di kota pelajar tersebut, jumlah pemilih meningkat sebanyak sembilan persen, setelah adanya penggunaan metode pengiriman ajakan via SMS itu.

"Pengiriman SMS akan dilakukan pada saat masa tenang tanggal 6, 7, dan 8 Desember atau tiga hari berturut-turut sebelum saat pencoblosan tanggal 9 Desember," ungkap Amrah.

Amrah mengaku optimistis, jika pengiriman SMS itu nanti terealisasi di Ogan Ilir, maka akan ada peningkatan jumlah pemilih sebanyak 5 persen atau menjadi 83 persen, dibanding saat pilpres lalu yang hanya 77 persen jumlah pemilih.

Selain menggunakan provider telepon seluler, KPU Ogan Ilir juga telah melakukan sosialisasi dengan cara melakukan tatap muka langsung dengan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com