Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar Heran Enam Daerah Belum Punya BPBD

Kompas.com - 10/11/2015, 11:56 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengimbau agar tiap daerah di Jawa Barat siap menghadapi bencana saat musim penghujan.

Hal itu diungkapkannya menyusul sejumlah insiden longsor dan pergerakan tanah yang terjadi di wilayah Jawa Barat.

"Begitu hujan turun harus langsung waspada karena kekeringan panjang, rekahan tanah tinggi kena air longsor. Kalau kemarin bicara kebakaran sekarang bicara banjir dan longsor plus puting beliung," ucap Deddy usai upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan, Jalan Cikutra, Bandung, Selasa (10/11/2015).

Menurut dia, tiap kota dan kabupaten harus tanggap bencana. Salah satunya dengan memaksimalkan fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Namun, hingga kini masih terdapat enam daerah di Jawa Barat yang belum mempunyai BPBD.

Enam daerah itu, yakni Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Purwakarta. Sementara Kabupaten Karawang masih dalam proses pembentukan.

"Setiap tahun ini ada bencana. Makanya BPBD penting untuk mengurangi risiko bencana minimal masyarakat tidak jadi korban," kata dia.

Deddy mengaku heran lantaran enam daerah itu belum juga membentuk BPBD. Padahal, kata dia, Pemprov Jabar telah menginstruksikan agar tiap daerah punya BPBD.

"Tanyakan saja pada mereka kenapa harus gambling dengan nyawa manusia berjudi dengan nyawa manusia. Sudah ada instruksi biar saja, itu risiko otonomi daerah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com