Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebaran Abu Vulkanik Anak Gunung Rinjani 6 Km ke Arah Timur

Kompas.com - 08/11/2015, 10:20 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Aktivitas vulkanik anak Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih terus berlanjut. Hingga Minggu (8/11/2015), sebaran abu vulkanik mengarah ke timur dari pusat letusan.

"Hari ini angin mengarah ke timur dengan kecepatan perlahan. Sebaran abu vulkanik mencapai 6 kilometer dari pusat letusan," kata Ketua Pos Pemantauan Gunung Rinjani, Mutaharlin, Minggu.

Ia menjelaskan, sebaran abu vulkanik belum sampai ke permukiman warga atau masih berada di area gunung, yaitu Pos 2 Gunung Rinjani. (Baca: Pastika: Erupsi Barujari Pengaruhi Ekonomi Bali)

Menurut pantauan Pos Pemantau Gunung Rinjani, saat ini aktivitas vulkanik Gunung Barujari yang terletak di dalam kaldera Gunung Rinjani masih terus berlanjut.

"Aktivitas vulkanik masih berlanjut, letusan-letusan masih menerus, tremor masih menerus. Untuk hari ini dibandingkan kemarin menurun sedikit," kata dia.

Letusan yang disertai aliran lava pijar masih terus terjadi dengan tinggi 1.000-1.400 meter.

Gempa tremor terpantau masih aktif dengan amplitudo maksimal 36. Kondisi ini sedikit menurun jika dibandingkan hari sebelumnya. Sebelumnya, amplitudo gempa tremor mencapai 55.

Ia menambahkan, saat ini status Gunung Rinjani masih tetap sama, yaitu Waspada (Level II). Pihaknya masih akan terus melakukan pengawasan terkait aktivitas Gunung Rinjani.

Akibat erupsi Gunung Rinjani, penutupan Bandara Selaparang dan Bandara Internasional Lombok (BIL) diperpanjang hingga Senin (9/11/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com