Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Denmark Berharap Ada Orang Indonesia Mengajar Batik di Negaranya

Kompas.com - 24/10/2015, 20:09 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ratu Denmark Margrethe II mengaku sangat tertarik dengan batik. Ia berharap, suatu saat ada orang Indonesia yang mau datang ke Denmark dan mengajari orang-orang di sana membatik.

"Saya senang sekali melihat kerajinan batik di Yogyakarta," kata Ratu Denmark Margrethe II saat jumpa pers di Kompleks Candi Prambanan, Sabtu (24/10/2015).

Saat berkunjung ke Balai besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta di Jalan Kusumanegara, Margrethe II sempat menyaksikan proses membatik. Saat itulah ia mengaku kagum dengan batik.

Ia menuturkan, sangat besar peluang kerja sama antara Indonesia dengan Denmark, khusunya soal kebudayaan. Sebab, banyak pelajar Denmark yang di Indonesia, sehingga terjadi saling tukar pikiran dan wawasan soal kebuayaan.

Ratu Denmark Margrethe II ingin suatu saat nanti ada orang Indonesia yang datang ke Denmark untuk mengajarkan seni membatik. Meskipun mungkin nanti hasilnya tidak sebagus buatan orang Indonesia.

"Saya ingin suatu saat ada orang Indonesia datang ke Denmark, mengajarkan orang-orang Denmark membatik. Meski nanti hasilnya tidak sebagus karya orang-orang Indonesia," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com