Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terekam CCTV, Staf Kargo Lion Air di Bandara Kualanamu Curi Bawaan Penumpang

Kompas.com - 23/10/2015, 23:03 WIB

MEDAN, KOMPAS.com- Kapolres Deliserdang, AKBP M Edi Faryadi, mengungkapkan staf Lion Air di kargo Bandara Kualanamu tertangkap kamera pengawas sedang mencuri barang bawaan penumpang, Jumat (23/10/2015).

Edi menduga pelaku merupakan spesialis karena sebelumnya sudah banyak penumpang melapor ke polisi setelah kehilangan barang bawaan di bagasi mereka.

"Jadi dengan ditangkapnya (pelaku) ini akan mengungkap tabir ada pelaku yang biasa melakukan pencurian. Ini akan kami kembangkan dengan siapa saja mereka melakukannya dan ke mana barang dijual," ujar Edi.

Menurut keterangan pelaku, mereka mengambil barang dan membuka bagasi penumpang secara paksa.

Pelaku Pencurian barang penumpang biasanya tidak sendirian saat beraksi. Mereka melakukan aksinya secara berkelompok karena mereka harus melakukannya dengan sangat rapi.

"Barang bukti selain power bank dan parfum juga ada uang yang saat ini masih disimpan sebagian di kos pelaku. Polisi menjerat pelaku pasal 362 dan 363 KUHP karena melakukan pencurian dengan pemberatan," kata dia.

Keenam staf PT Lion Air yang diamankan yakni RG, IPS, JHS, BAP, AI dan RA. Lima dari keenamnya membantah terlibat pencurian, karena selama ini mereka dimanfaatkan RA, otak pelaku pencurian.

Airport Manager PT Lion Air Bandara Kualanamu, Diky, menegaskan pihaknya akan memecat mereka jika terbukti mencuri. Menurut dia kejadian ini telah membuat nama Lion Air jelek di mata penumpang.

"Ketujuhnya ini memang orang PT Lion Air. Ini sudah merupakan tindakan kriminal harus diserahkan sama polisi. Biarlah polisi yang menindaklanjutinya," kata Diky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com