Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Santri di Kendal Ikuti Jalan Santri

Kompas.com - 14/10/2015, 15:40 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Ribuan santri serta masyarakat Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, menggelar jalan santri, Rabu (14/10/2015), dalam rangka memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober mendatang. Gelaran jalan santri ini diawali di dua lokasi.

“Start di masjid Protomulyo dan Alun-alun Kaliwungu. Sedang finish di Jabal Protomulyo, depan pondoknya Ustadz Ali,” kata ketua panitia jalan Santri, Ubaidillah sambil menambahkan Jalan santri dimulai pukul 07.00 WIB dan menempuh jarak sekitar 5 kilometer.

Ubaid yang juga menjabat sebagai ketua Ansyor Kaliwungu ini, menambahkan jalan santri dilepas oleh dua tokoh NU setempat. Di Protomulyo, kegiatan ini dilepas putra KH Dimyati Rois, Mohamad Hilmi, sedang di alun-alun Kaliwungu dilepas mantan Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti.

“Jalan santri ini, adalah yang pertama kali kami gelar. Rencananya akan kami selenggarakan tiap tahun sekali,” tambah Ubaid.

Terkait dengan hal itu, tokoh NU Kendal, Ali Nurudin, mengatakan jalan santri bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi di antara sesama santri. Sehingga rasa kebersamaan untuk memperjuangkan ajaran Islam yang benar dapat tercapai.

“Generasi santri, harus santun dan jangan mudah terprovokasi. Santri di kalangan NU, harus bersatu padu, satu suara dan hormat kepada kyai,” kata Ustadz Ali. Jalan santri dimulai pukul 7 pagi dan menempuh jarak sekitar 5 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com