Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 2 Minggu, 2 Hektar Lahan di Gunung Ebulobo Terus Terbakar

Kompas.com - 08/10/2015, 12:08 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

ENDE, KOMPAS.com - Dua hektar lahan di Gunung Ebulobo, di kawasan hutan Keokelituka, Kabupaten Nagekeo, Flores, NTT, Kamis (8/10/2015), sejak dua minggu lalu terbakar.

"Kebakaran di kawasan itu sudah terjadi dua minggu lalu hingga sekarang. Tim pemadam kebakaran sudah diterjunkan ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api dengan cara menutupi api dengan tanah," kata Staf Perlindungan Hutan di Dinas Kehutanan Kabupaten Nagekeo, Damianus S Roga, siang ini.

Roga menjelaskan, areal kebakaran berada pada lahan gambut. Hal itu menyulitkan petugas dalam memadamkan api. "Beberapa hari lalu saya ke lokasi gunung api Ebulobo untuk memadamkan api bersama dengan sejumlah anak sekolah yang diterjunkan," kata dia.

Dia lalu mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagekeo, Polisi Kehutanan (Polhut), Pemda Kabupaten Nagekeo, aparat TNI diterjunkan ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api.

"Saat ini, tim penanggulangan masih bekerja di lokasi untuk memadamkan api di kawasan Hutan Gunung Berapi Ebulobo," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com