Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Pimpin Relokasi Warga Babakan Siliwangi

Kompas.com - 02/10/2015, 15:14 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 39 kepala keluarga di kawasan Babakan Siliwangi RT 05 RW 10 Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat, akhirnya setuju dipindahkan, Jumat (2/10/2015).

Mereka dipindahkan lantaran lokasi tersebut tengah direvitalisasi untuk dijadikan ampfiteater dan ruang terbuka hijau oleh Balai Besar Sungai Citarum.

Relokasi tersebut langsung dipimpin Wali Kota Bandung Ridwan Kamil serta Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial. Dari pantauan Kompas.com, proses relokasi berjalan tertib.

Saat tiba di lokasi, Ridwan Kamil langsung disambut oleh para penghuni. "Gimana Bu, sudah siap (direlokasi)?," ucap pria yang akrab disapa Emil itu kepada salah seorang warga.

Bersama rombongan, Emil sempat mengikuti salah satu ritual yang telah dipersiapkan oleh warga. Emil disuruh membasuh kaki dan tangannya dari sebuah kendi.

Meski belum ikhlas, sejumlah warga tampak pasrah dan menuruti instruksi dari Emil. Kepada warga, Emil menyampaikan bahwa relokasi tersebut dilakukan untuk kepentingan masyarakat dalam jangka panjang.

Dia berjanji memenuhi semua permintaan warga jika dasar hukumnya jelas. Relokasi tersebut, kata Emil, akan berlangsung secara bertahap hingga tiga hari ke depan.

"Hari ini warga akan menempuh hidup baru. Lihat jangka panjangnya, agar tidak ada problem di masa datang. Pegangan kita yaitu kemanusiaan berbasis dasar hukum, kita sangat perhatikan 14 poin aspirasi. Tidak ada masalah, lewat pak Wakil Wali Kota akan dibahas tiap poin per poinnya," ungkap Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com