Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Sekejap, Kabut Asap di Pontianak Sedikit Lenyap

Kompas.com - 29/09/2015, 12:58 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kondisi kabut asap di Kota Pontianak hari ini, Selasa (29/9/2015) mulai berangsur menghilang. Jarak pandang dalam kota pun sedikit lebih baik dari hari sebelumnya.

Menghilangnya kabut asap pagi ini lantaran hujan yang turun sekitar pukul 03.00 pagi tadi. Hujan yang hanya berlangsung sebentar namun dengan intensitas cukup lebat tersebut, lumayan menghalau asap yang lebih dari sepekan terakhir kembali menyelimuti Pontianak.

Namun, masih terlihat kabut asap tipis dikejauhan, seperti tampak pada sejumlah ruas jalan. Kualitas udara berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang dikeluarkan BMKG juga terlihat mulai membaik dari hari sebelumnya.

Hingga pukul 11.00 WIB siang ini, tercatat partikulat udara Pontianak berada diangka 144.23. Partikulat (PM10) adalah Partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 10 mikron (mikrometer).

Angka tersebut jauh menurun dari hari sebelumnya pada jam yang sama dengan angka 707,92. Meski demikian, kondisi kualitas udara di Kota Pontianak masih berada di level tidak sehat.

Aktivitas penerbangan juga sudah mulai berangsur normal. Jarak pandang di Bandara Supadio Pontianak tercatat 1,3 km pada pembaruan informasi pukul 12.00 wib siang ini. Kondisi ini jauh berbeda pada hari sebelumnya dengan jam yang sama. Jarak pandang hanya berkisar 600 meter, sehingga mengganggu aktivitas penerbangan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com