Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Konsep Pendidikan Berkarakter Ala Ridwan Kamil

Kompas.com - 26/08/2015, 10:07 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

SUMEDANG, KOMPAS.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai modernitas akan menjadi salah satu tantangan terbesar dalam peradaban ke depan. Namun modernitas tersebut harus seimbang dengan budaya lokal.

“Kalau berpikir hanya rasional, fokus pada modernitas, seringkali kehilangan elemen yang membedakan masyarakat dengan masyarakat lainnya,” ucap pria yang kerap disapa Emil ini kepada Kompas.com di Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) di Jatinangor Sumedang, Selasa (25/8/2015) malam.

Dengan demikian, untuk menghadapi modernitas, Pemkot Bandung terus menyiapkan pendidikan berkarakter yang cocok bagi anak-anak Kota Bandung. Konsep yang ditawarkan adalah pendidikan karakter berbasis agama, budaya, dan lingkungan.

“Sehingga nanti, selain anak Bandung pintar dan sehat, anak Bandung akan nyunda, nyantri, nyakola (menanamkan sunda dalam dirinya, beragama, berpendidikan),” ungkap Emil.

Konsep tersebut ia sampaikan pula kepada mahasiswa Unpad. Sebab, sebagai salah satu universitas besar di Bandung, partisipasi Unpad dalam bidang pendidikan memegang peranan penting. “Rencananya, konsep pendidikan berkarakter ini dimulai Januari mendatang,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com