Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama-nama Calon Pemimpin NU Sudah Bermunculan

Kompas.com - 02/08/2015, 02:26 WIB
JOMBANG, KOMPAS.com- Pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2015-2020 tinggal menghitung waktu setelah Sabtu (1/8/2015) malam gelaran muktamar resmi dibuka Presiden Joko Widodo.

Saat ini, di arena Muktamar NU ke-33 di Jombang, para peserta pemilik suara mulai melempar nama-nama dan figur bakal calon yang dinilai layak memimpin NU dan bisa dipilih oleh muktamirin.

Untuk posisi Rais Aam, nama yang muncul adalah penjabat Rais Aam saat ini, KH Musthofa Bisri (Gus Mus), lalu mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi, dan Pengasuh Ponpes Al Anwar Sarang Rembang KH Maimun Zubair (Mbah Mun).

Selain itu, ada juga nama Pengasuh Ponpes Al Fadhlu wal Fadhilah Kaliwungu, Kendal, KH Ahmad Dimyati Rois (Mbah Dim), mantan Menteri Agama KH Tholchah Hasan, KH Makruf Amin, dan Rois Syuriah PWNU Jawa Timur KH Miftahul Akhyar.

Sedangkan untuk Ketua Umum Tanfidziyah PBNU, bakal calon yang muncul di kalangan pemilik suara adalah KH Said Agil Siradj Ketua Umum saat ini, As'ad Said Ali Wakil Ketua Umum saat ini, dan KH Sholahudin Wahid Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang.

Tak hanya itu, muncul juga nama mantan Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Tengah Muhammad Adnan, dan Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur KH Mutawakkil Alallah. Tujuh nama bakal calon Rais Aam dan lima nama bakal calon Ketua Umum Tanfidziyah tersebut dikemukakan oleh para pemilik suara di Muktamar, baik dari PCNU maupun PWNU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com