Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontrol Harga Sembako, Risma Gelar Pasar Bayangan

Kompas.com - 22/06/2015, 19:25 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok di Surabaya saat Ramadhan dan menjelang hari raya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan sejumlah upaya sejak beberapa pekan sebelum Ramadhan. Selain menggelar operasi pasar lebih awal, Risma juga mengintruksikan anak buahnya untuk membuat pasar-pasar bayangan di balai-balai RW.

Sama seperti saat operasi pasar, kata Risma, pasar bayangan di balai RW juga menyediakan sembako namun dalam skala kecil.

"Ini sangat efektif membantu warga, sekaligus bisa menekan harga sembako," kata Risma saat mendampingi rombongan anggota DPD RI di pasar Pucang Anom Surabaya, Senin (22/6/2015).

Tidak hanya itu, tim lintas SKPD Pemkot Surabaya juga menggelar bazaar Ramadhan di 20 titik selama Ramadhan. Bazaar menyediakan bahan-bahan pokok dengan harga murah, seperti beras, minyak, gula, dan tepung. 

Upaya Risma mengendalikan harga kebutuhan pokok saat Ramadhan diapresiasi salah satu anggota DPD RI asal Jatim, Ahmad Nawardi.

"Ini luar biasa, bahkan Pemkot Surabaya tidak memiliki Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID). Dinas masing-masing sebagai pemantau, sehingga setiap hari walikota bisa memantau naik- turunnya harga kebutuhan pokok,” kata Wakil Ketua Komite II DPD RI ini.

Setelah melakukan sidak harga bahan pokok, Risma mengajak rombongan anggota DPD RI untuk melihat Taman Harmoni yang memiliki luas enam hektar di Kecamatan Keputih.

"Ini masih kecil, kami sedang membangun taman seluas 20 hektar di lahan bekas tempat pembuangan akhir," pungkas Risma yang mengundang decak kagum rombongan anggota DPD RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com