Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rampung Dibuat, KRI Teluk Bintuni 520 Segera Beroperasi

Kompas.com - 17/06/2015, 14:17 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis


BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com
- KRI Teluk Bintuni 520 telah selesai dikerjakan oleh PT Daya Radar Utama (DRU) Lampung dan diserahkan kepada pemerintah. Kapal kapal jenis Landing Shift Tank (LST) ini didesain mampu mendarat di pantai, khusus untuk angkut tank jenis Leopard yang didatangkan dari Jerman.

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu mengatakan, KRI Teluk Bintuni 520 ini merupakan bagian dari pertahanan negara untuk mengamankan Negara Kedaulatan Republik Indonesia. KRI ini, lanjutnya, menjadi bukti bahwa galangan kapal milik Indonesia sanggup membuat kapal untuk memenuhi keperluan alat utama sistem senjata (alutsista).

"KRI Teluk Bintuni 520 dirancang mampu membawa 10 unit tank MBT Leopard milik TNI AD yang berbobot 62,5 ton. Sebelumnya, LST TNI AL hanya mampu membawa tank ringan belasan ton dan KRI Teluk Bintuni 520 masih bisa membawa dua helikopter karena KRI Teluk Bintuni 520 mempunyai 2 helipad fasilitas hanggar," kata dia.

Ryamizard mengatakan, KRI Teluk Bintuni 520 dibuat untuk menunjang tugas pokok TNI dalam melaksanakan tugas mempertahankan negara RI seiring program pemerintah yang berkuatan poros maritim. Kapal ini nantinya akan beroperasi dari Sabang hingga ke Merauke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com