Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tahun Lumpur Lapindo, Warga Siap Arak Ogoh-ogoh Menyerupai Aburizal Bakrie

Kompas.com - 29/05/2015, 05:45 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Warga korban lumpur Lapindo akan menggelar peringatan sembilan tahun bencana lumpur Lapindo hari ini, Jumat (29/5/2015). Sejumlah kegiatan telah disiapkan untuk memperingati agenda tahunan tersebut. 

Kegiatan tersebut antara lain adalah pawai ogoh-ogoh yang diarak menuju tanggul bekas Desa Siring.

"Patung ogoh-ogoh dibentuk menyerupai bos PT Lapindo, Aburizal Bakrie, yang dinilai korban lumpur sebagai orang yang paling bertanggung jawab pada bencana lumpur Sidoarjo," kata relawan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Rere Kristanto, Kamis (28/5/2015) malam.

Patung tersebut akan diarak ratusan korban lumpur dari Pasar Porong Lama ke tanggul titik 21 bekas lokasi Desa Siring.

"Selain membawa patung, warga juga membawa poster berisi tulisan-tulisan ungkapan hati sebagai korban lumpur," ucap Rere.

Selain itu, warga juga akan menggelar kegiatan Festival Pulang Kampung. Warga, kata Rere, akan membuat instalasi rumah, sekolah, dan tempat ibadah di lokasi kolam lumpur.

"Warga seperti bernostalgia bahwa di lokasi tersebut pernah ada kehidupan sosial. Kini hilang karena bencana lumpur," ucap Rere.

Sementara itu, malam ini warga korban lumpur sedang melakukan doa bersama di tanggul. Doa bersama agar semua permasalahan terkait ganti rugi korban lumpur segera terselesaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com