Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibangun, Masjid Senilai Rp 18 Miliar Rancangan "Gratis" Ridwan Kamil

Kompas.com - 12/05/2015, 17:49 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didaulat oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat untuk merancang masjid seluas 3.500 meter persegi di atas lahan seluas 1.800 meter persegi di dalam Markas Polda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Wakil Kepala Polda Jabar Brigjen Pol M Taufik menjelaskan, masjid rancangan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, memiliki kapasitas tampung hingga 2.000 jemaah. Pembangunan ditargetkan selesai dalam satu tahun.

"Ada dua lantai. Di bawah, ada aula yang bisa dimanfaatkan sebagai gedung pertemuan," kata Taufik seusai peletakan batu pertama pembangunan masjid tersebut, Selasa (12/5/2015).

Taufik menambahkan, masjid ini dibangun dengan dana swadaya dari sumbangan masyarakat Kota Bandung dan Jawa Barat. Total dana yang diperlukan untuk pembangunan mencapai Rp 18 miliar. "Melalui lelang oleh panitia pembangunan, sudah terkumpul sampai saat ini Rp 2,8 miliar," kata dia.

Di tempat yang sama, Emil mengatakan, desain masjid Polda Jawa Barat hasil rancangannya bersama rekan-rekan kerjanya di rumah desain arsitektur Urbane diberikan secara sukarela tanpa dipungut biaya.

"Hibah dari saya pribadi bersama kawan kantor saya bekerja sebelum jadi wali kota," kata dia.

Menurut pria lulusan University of California, Berkeley, Amerika Serikat, ini, sang ayah berpesan kepadanya agar tidak menarik biaya ketika diminta untuk merancang masjid. "Kalau ada yang minta desain masjid, saya selalu jawab siap karena itu adalah wasiat dari bapak saya," ujar Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com